Banner IDwebhost

CarbonEthics Luncurkan Rumah Rendah Karbon Untuk Dampak Sosial Berkelanjutan

Tanjung Siambang – CarbonEthics bersama masyarakat Tanjung Siambang meluncurkan Rumah Rendah Karbon (RRK) di kelurahan Dompak, kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Rumah Rendah Karbon adalah rumah kegiatan masyarakat yang diprogram menjadi pusat solusi kemandirian sosial-ekonomi-lingkungan bagi pertumbuhan masyarakat dan sebagai hasil nyata keterlibatan CarbonEthics selama 3 tahun di Kelurahan Dompak sejak tahun 2021.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh perwakilan Walikota Tanjung Pinang, Dr. Susi Pitriana. Dalam kata sambutannya, Dr. Susi menyampaikan apresiasi terhadap Rumah Rendah Karbon karena telah memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran Masyarakat mengenai karbon dan pentingnya pelestarian lingkungan.

“Susi juga mengapresiasi bagaimana Rumah Rendah Karbon dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat Tanjung Siambang” ucapnya di Tanjung Siambang, Jumat (8/12/2023).

Co-Founder sekaligus Chief Impact Officer (CIO) CarbonEthics, Jessica Novia, turut menambahkan “Rumah Rendah Karbon didirikan untuk menjadi sentra solusi iklim masyarakat. Meskipun CarbonEthics datang sebagai pemantik, namun sesungguhnya keberlanjutan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan ada di tangan masyarakat Tanjung Siambang. Sehingga besar harapan kami agar masyarakat selalu berpartisipasi secara aktif di Rumah Rendah Karbon dan kami memohon dukungan penuh dari aparatur daerah Tanjung Pinang dan Dompak beserta semua mitra yang terlibat”. Setelah kata-kata pembukaan, pembacaan doa dari Tetua Adat setempat dan prosesi kenduri dilakukan bersama warga Tanjung Siambang.

Pada hari selanjutnya, acara pembukaan turut dimeriahkan dengan perlombaan karaoke lagu melayu, lomba kreasi daur ulang, lomba eco-printing, lomba mewarnai anak-anak, dan malam keakraban dengan warga. Ada sekitar 50 orang warga yang berpartisipasi secara antusias mengikuti acara hingga selesai.

Dalam pembukaan Rumah Rendah Karbon ini, CarbonEthics berkolaborasi dengan mahasiswa-mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang yang melakukan kegiatan magang di CarbonEthics sejak tahun 2022. Selain itu, CarbonEthics juga berkolaborasi dengan mitra kreatif lokal yang berperan penting dalam acara tersebut. Alena Fashion dan Nur Mar’ah Art & Fashion bergabung sebagai juri perlombaan eco-printing, dan mereka turut berpartisipasi dalam pembuatan galeri batik Mangrove, Dompak Laut.

Sejak tahun 2021 hingga 2023, CarbonEthics telah terlibat terhadap Pembangunan sosial dan pelestarian lingkungan di Tanjung Siambang, kelurahan Dompak. Hal ini dilakukan karena CarbonEthics melihat masyarakat pesisir adalah kelompok yang paling rentan terkena dampak perubahan iklim, sebab apabila permukaan air laut naik, Masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir akan kehilangan tempat tinggal. Keterlibatan dilakukan mulai dari program restorasi ekosistem karbon biru, pelatihan pembuatan produk ramah lingkungan, hingga penciptaan lapangan kerja yang mendukung pelestarian lingkungan. Untuk memastikan dampak ini dapat berjalan dalam jangka panjang dan berkelanjutan, CarbonEthics berinisiasi membuka Rumah Rendah Karbon untuk mendukung ekonomi sirkular dan peningkatan kemampuan masyarakat untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Rumah Rendah Karbon dibuat sebagai pusat kegiatan masyarakat yang menaungi Kantor Koperasi Konsumen Bank Sampah Bintang Siambang Sukses, Sekretariat Petani Pesisir Dompak Laut (PPDL), Bank Sampah Bintang Siambang, Pusat Ekonomi Kreatif Tanjung Siambang, dan Pusat Edukasi Komunitas dan Pelajar terhadap Perubahan Iklim. Program-program ini memberikan dampak positif kepada masyarakat Tanjung Siambang, yaitu adanya pendapatan tambahan dan terciptanya lapangan kerja baru untuk penduduk setempat, mendorong rehabilitasi mangrove, dan membangun ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. Hingga saat ini, sudah ada sekitar lebih dari 60 penerima manfaat dari program-program tersebut sejak beroperasi dari tahun 2021.

Untuk melanjutkan komitmennya terhadap pemberdayaan masyarakat, CarbonEthics memiliki visi untuk dapat mendirikan Rumah Rendah Karbon pada setiap titik operasionalnya. Langkah strategis ini mencerminkan dedikasi CarbonEthics terhadap dampak sosial berkelanjutan dan kepedulian terhadap lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *