Banner IDwebhost

Dorong Ekonomi Masyarakat Jelang Lebaran, PalmCo Gelar Mudik Gratis dan Pasar Murah

JAKARTA – Sub Holding Perkebunan Nusantara, PT Perkebunan Nusantara IV/PTPN IV PalmCo akan menggelar Mudik Gratis dan Pasar Murah kepada masyarakat di sekitar perkebunan.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh perkebunan negara tersebut dilakukan guna mendorong ekonomi masyarakat jelang Idul Fitri 1445H.

Demikian disampaikan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin di Agro Plaza Jakarta, Senin (25/3).

“Mendukung program pemerintah dalam menstimulus ekonomi masyarakat jelang lebaran, kami laksanakan Mudik Gratis dan Pasar Murah BUMN,” kata Irwan.

Ia menyebutkan terdapat tujuh kota di Sumatera yang akan menjadi tujuan dari Mudik Gratis. Sedangkan untuk Pasar Murah yang menjadi bagian dari Program Safari Ramadhan Kementerian BUMN, dilaksanakan di lima Regional PalmCo.

Disampaikannya, terdapat tujuh kota yang akan dilayani mudik gratis oleh PalmCo. Tujuh kota tersebut adalah dari Medan ke Labuhan Batu, Medan ke Pekanbaru, Medan ke Panyabungan, dan Medan ke Padang. Kemudian ada Pekanbaru sebagai kota asal dengan tujuan ke Medan, Pekanbaru-Padang juga Pekanbaru-Mandailing Natal.
Terakhir, dari Kota Jambi dengan tujuan Padang serta Jambi tujuan Medan. Mudik gratis akan serentak dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024.

“Kita sudah menyiapkan puluhan bus untuk warga dan seluruhnya gratis! Silakan mendaftar karena kuota memang terbatas,” tambahnya seraya menyebutkan pendaftaran paling lambat berakhir di 30 Maret 2024 atau saat kuota 500an pemudik terpenuhi.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, disamping menyediakan bus gratis yang memobilisasi pemudik, masing-masing Regional PalmCo yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Barat dan di Pulau Kalimantan, juga akan mendistribusikan lima ribu paket sembako berupa beras, minyak dan gula.

“Masing-masing Regional ada 1.000 paket. Serentak nanti insya Allah hari Rabu 3 April,” ujar Irwan.
Perusahaan mempersiapkan 5 kg beras, 1 kg gula dan 1 liter minyak goreng yang mendapat subsidi 50 persen.

Sehingga harga jual paket sembako Pasar Murah Safari BUMN kepada masyarakat adalah Rp 75 ribu per paket.
Tidak berhenti di Mudik Gratis dan Pasar Murah, perusahaan sawit yang mengelolah lahan terluas di dunia itu juga membuka bazar UMKM dari mitra binaan yang ada di Medan.

“Harapannya semua aktivitas ini dapat membantu serta menjadi rangsangan dalam perekonomian masyarakat,” imbuh Irwan.

Sementara itu, Region Head PTPN IV Regional II Sudarma Bhakti Lessan menyebutkan bahwa
Mudik Gratis dan Pasar Murah Safari Ramadhan menjadi even rutin perusahaan dibawah arahan Kementerian BUMN RI.

“Khusus warga Kota Medan, PTPN IV Regional II akan memberangkatkan 133 pemudik dengan 4 armada PT Big Bird Perkasa dengan rute perjalanan Medan – Padang 40 seat dan rute Medan – Panyabungan 93 seat. Sedangkan untuk paket pasar murah sendiri akan didistribusikan sebanyak 1.000 paket, yang dilaksanakan di 2 titik lokasi yaitu di Region Office PTPN IV Regional II Jalan Letjend Suprapto No.2, yang terdiri dari 600 paket untuk 6 kelurahan Kecamatan Medan Maimun dan 400 paket untuk masyarakat sekitar Klinik Prima Medica Nusantara Jalan Gajah Mada No.47 Babura,” kata Sudharma Bhakti Lessan.

Sudarma Bhakti Lessan berkeyakinan animo masyarakat akan tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Informasi pendaftaran dapat diakses pada laman Instagram resmi ⁠PTPN IV Regional II di @ptpn4_regional2 untuk itu mari manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tutup Sudharma Bhakti Lessan.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *