banner 728x250
Riau  

Jelang Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023, Polres Kuansing Gelar Gladi Posko dan Tactical Floor Game

banner 120x600

KUANSING (HTC) – Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu, Polres Kuansing menggelar gladi posko dan Tactical Floor Game (TFG) Ops Mantab Brata Lancang Kuning Tahun 2023 di Aula Sanika Satyawada, Sabtu (14/10/2023) pukul 10.00 WIB.

Kegiatan gladi posko dan TFG ini dipimpin oleh Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH dan dihadiri oleh Wakapolres Kompol Lilik Surianto SST SH MH, Kabag Ops Kompol Henri Soeparto SSos, Kabag Log AKP Subagja, Kasat Intelkam AKP Jhon W H Matondang SH, Kasat Reskrim AKP Linter Sihaloho SH MH, Kasat Samapta AKP Hajjarul Aswadiman, Kasi Propam AKP Refriadi SE, Plh Kasat Lantas Iptu Bambang Saputra, para Kapolsek Jajaran dan Perwira.

“Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan, laksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh agar mengetahui peran dan fungsi dari masing-masing Satgas. TFG yang akan dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran tahapan Pemilu 2024,” kata AKBP Pangucap.

Sementara itu Kompol Lilik Surianto SST SH MH mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Ops Mantab Brata merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan disamping kegiatan rutin Kepolisian, pahami Tupoksi masing-masing satgas.

Adapun pelatihan skenario pengamanan Pemilu 2024 yakni sebagai berikut, Sat Intelkam memperoleh Informasi adanya Unras yang dilaksanakan oleh Kelompok, secara spontanitas dan tanpa dilengkapi Surat Pemberitahuan kepada Polres Kuansing, yang kemudian menginformasikan kepada Pimpinan dan melakukan Penggalangan terhadap Korlap Unras.

Bag Ops, mempersiapkan Adm dan Ploting Personil Pengamanan sesuai dengan pengajuan personil dari satfung.

Sat Sabhara, mempersiapkan Pers Dalmas Awal hingga Dalmas Lanjut, sesuai dengan SOP, Ranmor R2 dan R4.

Sat Lantas, melakukan Patroli dan Contra Flow di sekitar aksi Unras, agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas dan menghambat aktivitas masyarakat.

Sat Reskrim, melakukan Penindakan secara Profesional dan Proporsional kepada Oknum yang menjadi Provokator guna pencegahan terjadinya konflik yang lebih besar.

Sie Propam, akan melakukan Pengamanan terhadap Personil Pengamanan dan memastikan tindakan personil sesuai dengan SOP dan melakukan EWS Dumas dari masyarakat.

Sie Humas, akan melakukan dokumentasi terhadap kegiatan tersebut, melakukan cyber patrol dan counter opini apabila terdapat pemberitaan yang negatif.

Kemudian dilakukan Anev pelaksanaan kegiatan, untuk mengetahui kendala di lapangan dan kesalahan yang terjadi pada penerapan SOP Pengamanan.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menyampaikan “Pahami kegiatan sesuai dengan Tahapan (Sebelum, Saat, Sesudah),pahami pola 4 M (Man, Money Materil, Method) pada Operasional Pasukan, Kasatgas harus mampu menjabarkan kebijakan, untuk capaian kegiatan yang maksimal, ” jelas AKBP Pangucap.

“Pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) sesuai dengan Skenario Pengamanan Pemilu 2024, pelatihan TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai,”

“Hal tersebut dilakukan guna memberikan gambaran, strategi dan langkah yang harus dilakukan setiap Satgas dalam operasi Mantap Brata Lancang Kuning Tahun 2023 dalam kondisi aman maupun apabila terjadi situasi kontijensi terhadap kondusifitas Kamtibmas dalam pengamanan Pemilu nantinya,” ungkap AKBP Pangucap.

“Dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan ini, diharapkan seluruh personel mengerti dan tahu bagaimana harus bertindak nantinya bilamana terjadi gejolak saat pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu Walaupun kita semua berharap situasi wilayah Kabupaten Kuansing dalam Pemilu selalu aman dan kondusif” tutup AKBP Pangucap mengakhiri keterangannya.

(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *