Banner IDwebhost

Legislator Gerindra Sodik Mudjahid Ajak Semua Pihak Lestarikan Pencak Silat sebagai Warisan Leluhur Bangsa

JAKARTA — Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Dr. Ir. H. Sodik Mudjahid, M. Sc., mengajak masyarakat untuk melestarikan seni bela diri tradisional Indonesia, khususnya pencak silat.

Sebagai bagian dari warisan leluhur bangsa, pencak silat tidak hanya memiliki nilai sehat dan pertahanan diri, tetapi juga membawa dampak positif dalam memperkaya budaya dan meningkatkan kepedulian sosial.

Pencak silat, selain sebagai bentuk latihan fisik yang bermanfaat untuk kesehatan, juga memegang peranan penting dalam menjaga identitas budaya Indonesia. Sodik Mudjahid berpendapat bahwa keberadaan pencak silat dapat menjadi sarana untuk memupuk semangat silaturahmi, membangun prestasi, dan tentu saja, menjaga keberlanjutan budaya bangsa.

“Melalui pencak silat, kita tidak hanya melatih tubuh untuk sehat dan siap melindungi diri, tapi juga menciptakan ikatan sosial di masyarakat. Silaturahim, prestasi, dan pelestarian budaya bangsa semuanya dapat kita wujudkan melalui kecintaan dan dedikasi terhadap pencak silat,” ujar Sodik Mudjahid usai Festival Pencak Silat Pamenca di Bandung, 6 Desember 2023

Beliau juga menyoroti pentingnya generasi muda terlibat dalam seni bela diri tradisional ini. Dengan melibatkan mereka sejak dini, bukan hanya memberikan keuntungan fisik dan mental, tetapi juga mendukung pembentukan karakter percaya diri dan rasa kebangsaan.

“Generasi muda adalah penerus budaya kita. Oleh karena itu, melibatkan mereka dalam pencak silat adalah investasi untuk masa depan. Mereka akan tumbuh dengan nilai-nilai kepedulian, rasa bangga akan budaya, dan kemampuan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Dalam konteksnya sebagai anggota DPR RI, Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid berkomitmen untuk mendukung program-program yang memajukan kebudayaan dan seni bela diri tradisional, termasuk pencak silat.

Peningkatan dukungan ini diharapkan dapat membantu melestarikan warisan budaya Indonesia dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kekayaan seni yang dimiliki bangsa.

Dengan semangat untuk melestarikan pencak silat sebagai warisan leluhur, Dr. Sodik Mudjahid mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda, untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian dan pengembangan pencak silat sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *