Banner IDwebhost

Menjelang Pemilu, Satreskrim Polres Kampar Patroli Siber Antisipasi Berita Hoax

KAMPAR – Satreskrim Polres Kampar mengintensifkan patroli siber guna mengatasi serangan berita-berita hoaks dan fitnah menjelang Pemilu 2024.

“Patroli siber kami laksanakan terus dalam rangka memantau berita-berita hoaks yang ada di medsos (media sosial) untuk kami tindak lanjuti apabila ada pelanggaran tindak pidana pemilu,” kata Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja melalui Kasat Reskrim AKP Elvin Septian Akbar, Selasa (16/1/2024).

Tujuan dalam kegiatan patroli siber ini untuk menurunkan Eskalasi ketegangan yang berpotensi memicu terjadinya konfliksosial yang menyinggung Sara serta berkaitan dengan Tahapan Pemilu sekaligus memantapkan pemeliharaan kamtibmas.

“Untuk mengatasi potensi ancaman siber tersebut, memerlukan kerjasama yang sinergis antara pemerintah, penyelenggara Pemilu, dan masyarakat, ” ungkapnya.

Kasatreskrim mengimbau masyarakat umum untuk mengetahui bahwa melakukan tindak pidana siber dengan mengunggah berita-berita hoaks bernuansa politik dan sebagainya akan mendapat konsekuensi berupa jeratan hukum sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Oleh karena itu, menurut dia, masyarakat harus mengantisipasi dan melaporkannya ke Sentra Gakkumdu Kabupaten Kampar jika mengetahui mengetahui hal tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat untuk bermedsos secara bijak agar suasana kondusif menjelang Pemilu 2024 tetap terjaga. Saring informasi sebelum di-sharing (dibagikan, Red),” kata AKP Elvin.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *