Banner IDwebhost

Peringatan Hari Pahlawan Ke-78, Pj Gubernur Sultra : Teladani Nilai Luhur Perjuangan Para Pahlawan

KENDARI – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memimpin Upacara Hari Pahlawan ke-78 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sultra, pada Jumat (10/11/2023).

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengatakan, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya untuk membela kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

“Semangat inilah yang saat ini harus diadopsi dan diimplementasikan pada kehidupan kita sehari-hari dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Andap Budhi Revianto.

Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 ini mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Terdapat sesuatu hal yang baru pada peringatan tahun ini, yakni mengundang keluarga para Pahlawan yang berasal Sulawesi Tenggara.

Adapun keluarga Pahlawan yang diundang, yakni keluarga Almarhum Oputa Yi Koo, dalam hal ini dihadiri oleh Gubernur Sultra pada masanya, yakni Saudara Ali Mazi.

Selanjutnya, keluarga Pahlawan H Supu Yusuf, Pejuang dari Unaaha yang dikenal keberaniannya, keluarga Pahlawan H. Yacob Silondae, yang dikenal sebagai Pejuang Konawe Lautan Api, Keluarga Almarhum Mayjend (Purn.) Eddy Sabara, Gubernur Sultra 2 periode, dan Keluarga Pahlawan La Ode Idrus Effendi dimana Beliau dikenal karena pertama kali mengibarkan Sang Merah Putih di Tampo dan sekaligus menyatakan bahwa Muna sebagai bagian dari NKRI.

“Penghargaan bagi Pahlawan asal Provinsi Sultra itu, baru pertama dilakukan, sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih atas jasa – jasa para Pahlawan, khususnya dari Sultra,” pungkas Pj Gubernur Sultra.

Diketahui sebelumnya, Pemprov Sultra diwakili Kepala Dinas Sosial dan Panitia Hari Pahlawan telah silaturahim berkunjung ke kediaman masing-masing keluarga sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa yang berasal dari Sulawesi Tenggara.

Andap menambahkan pesan pada peringatan Hari Pahlawan ini, “Mari bersama teguhkan kembali komitmen diri untuk membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia dan Sultra tercinta tumbuh semakin maju dan sejahtera.” pungkasnya.

“Pada kesempatan ini juga, mari kita panjatkan juga doa – doa yang terbaik bagi para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur untuk Indonesia dan Sultra tercinta. Selamat Hari Pahlawan ke 78, 10 November tahun 2023,” tutupnya.(AVID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *