Banner IDwebhost

Polres Dumai Hadir Dalam Rangka Cooling System Pemilu Damai 2024

DUMAI – Polres Dumai dan Polsek Jajarannya terus menggulirkan himbauan dan pesan damai kepada masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam rangka Cooling System.

Dengan semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas, Polres Dumai dan Polsek Jajarannya secara rutin menggelar Cooling System yang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti Bakti Sosial, Bakti Kesehatan, Sosialisasi, Dialog, Edukasi hingga Pembagian Brosur dan Pamflet guna memberikan pemahaman terkait pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si didampingi Kasat Intelkam Polres Dumai AKP Sarasi Sijabat, S.H dan Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H dan perwakilan personel Polsek Bukit Kapur lainnya, Selasa (16/1/2024) pagi, melaksanakan cooling system untuk Pemilu Damai 2024 dengan mengunjungi Kediaman Ketua RT. 015 Jalan Panam Kelurahan Bukit Kapur Kecamatan Bukit Kapur.

Kehadiran Kapolres Dumai beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua RT. 015 Kelurahan Bukit Kapur dan warga RT. 015 lainnya. Kapolres Dumai tampak bersilaturahmi, berdiskusi dan bertukar informasi dengan Ketua RT. 015 Kelurahan Bukit Kapur dan warga RT. 015 lainnya guna mengetahui situasi masyarakat, merespon persoalan-persoalan yang terjadi ditengah masyarakat dan memberikan solusi serta bantuan yang sesuai dengan tanggungjawab Kepolisian.

Kemudian, guna mencegah potensi gangguan Kamtibmas dan mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai, Kapolres Dumai mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat diwilayah hukumnya agar tidak mudah terprovokasi dengan isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar ditengah banjir arus informasi di media sosial dan platform digital lainnya. Dan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang dapat menimbulkan potensi terjadinya misinformasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024 hingga mengorbankan persatuan dan kesatuan,” ungkap Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si dapat membawa berbagai dampak positif yakni mempererat hubungan silaturahmi dan meningkatkan kedekatan serta kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri hingga terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban Kota Dumai.

Tak lupa, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menekankan pentingnya pemahaman bahwa setiap suara memiliki dampak besar dalam menentukan arah bangsa. Namun tentunya dengan tetap menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat, pandangan politik dan pilihan politik. Pasalnya, Pemilu 2024 bukan hanya sekadar menentukan pilihan politik, tetapi juga momentum memperkuat persatuan bangsa.

“Memiliki pilihan politik yang berbeda-beda merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi, mari bersama wujudkan Pemilu Damai 2024 dengan sikap dewasa dan penuh rasa tanggung jawab. kami juga berharap seluruh masyarakat khususnya di Kota Dumai dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak pada 14 Februari 2024 mendatang dan menolak segala bentuk kampanye hitam hingga politik uang,” tegasnya.

Berbagai program terus dilaksanakan sebagai wujud upaya Polri dalam menyampaikan himbauan dan pesan damai dalam rangka cooling system atau sistem pendingin guna mencegah timbulnya konflik atau ketegangan menjelang Pemilu 2024 yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si juga menyoroti pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat dan atau pilihan politik. Kapolres Dumai juga mendorong partisipasi dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat dalam menyongsong Pemilu 2024.

Tak hanya menerima sesi tanya jawab melalui kegiatan tersebut, untuk mendengarkan dan menampung seluruh masukan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Kapolres Dumai juga memperkenalkan program inovasi miliknya yang menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung dengan dirinya melalui WhatsApp di nomor 0821-9819-8154.

“Silahkan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung melalui WhatsApp pengaduan dengan nomor 0821-9819-8154. Seluruh masyarakat Kota Dumai dapat menyampaikan keluhan terkait apapun, mulai dari gangguan Kamtibmas hingga yang membutuhkan bantuan ataupun penanganan segera. Tak hanya itu, seluruh masyarakat juga dapat menginstal Aplikasi ‘Polri Super App’ di Play Store ataupun App Store dan menghubungi Layanan Call Center Polri Polres Dumai (0765) 110 yang selalu tersedia selama 24 jam dan dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan kemudahan layanan lainnya,” ungkap KApolres Dumai.

Terakhir Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal Pemilu dan jangan golput. Dirinya juga meminta komitmen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai, tertib dan kondusif di Kota Dumai menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024 serta mendukung dan mendo’akan agar seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Polri kepada masyarakat yang membutuhkan, Kapolres Dumai mengakhiri kegiatannya dengan menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada puluhan masyarakat yang kurang mampu dan lansia disekitar lokasi kegiatan.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *