Banner IDwebhost

Ratusan Warga Dan Relawan Kartasura Gugur Gunung Kerja Bakti Di Situs Keraton Kartasura

Kartasura – Kamis 9 mei 2024, Ratusan warga Kartasura yang terdiri dari beberapa unsur seperti pemerintahan kecamatan Kartasura, Babinsa, Babinkamtibmas, relawan dan komunitas se Kartasura mengadakan giat gotong – royong bersih – bersih di seluruh area petilasan Keraton Kartasura yang merupakan situs cagar budaya.

Menurut Janto kordinator giat mengatakan bahwa ini merupakan partisipasi wujud kepedulian kita masyarakat,relawan dan pemerintahan Kartasura.Mengadakan kerja bakti bersama bersih – bersih petilasan Keraton Kartasura yang saat ini kondisinya sangat memprihatikan yg di penuhi dengan rumput dan tanaman liar.

Turut hadir dalam giat bersih – bersih Petilasan Keraton Kartasura Ibu Bupati Sukoharjo Etik Suryani SE,MM yang di dampingi Camat Kartasura Ikhwan Sapto Darmono S.pd.M.pd,Kapolsek Kartasura AKP Tugiyo SH.MH,Danramil 06 Kartasura Kapten inf. Ismail dan Lurah Kartasura Agus Jaelani SE.

Dalam kesempatan ini Bupati Sukoharjo mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa saya sangar bangga sekali atas kepedulian masyarakat dan relawan Kartasura mau menyengkuyung dan nguri – uri sejarah dan cagar budaya di keraton Kartasura.

” Saya acungi jempol dua karena masyarakat peduli dan cinta cagar budaya ini merupakan unsur kebersamaan tidak hanya pemerintah tapi keperdulian masyarakat ikut berperan serta”.

Masyarakat dan gabungan relawan Kartasura membersikan seluruh area petilasan Keraton Kartasura mulai dari area benteng keraton,komplek makam dan memotongi tanaman liar yang ada di keraton serta menyemprotkan foging untuk mencegah adanya perkembangan nyamuk di komplek petilasan Keraton Kartosuro.

Turut hadir dan ikut bersih – bersih Pamong budaya ahli muda Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat Kartasura atas partisipasinya ikut kerja bakti di petilasan Keraton Kartasura ini.

Dalam kesempatan yang sama pemerhati budaya Kartasura KRT.Djuyanto Hadi Sasmito juga memberikan Apresianya
Bahwa Kerja bakti masal bersih-bersih situs atau cagar budaya kraton Kartasura oleh warga Kartasura dari berbagai kalangan patut diapresiasi.

Hal itu wujud dari ketersambungan para putu wayah ( ahli waris ) tlatah Kartasura dengan para leluhur pendiri Kraton Kartasura, dalam bentuk kepedulian terhadap peninggalan leluhur untuk terus merawat dan menjaganya agar tidak punah atau hancur. Semoga kegiatan ini mampu juga untuk kembali menggugah seluruh warga Kartasura khususnya dalam mengamalkan nilai- nilai luhur seperti gotong-royong , guyub rukun dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.

Nug/ton/red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *