Banner IDwebhost
Jateng  

Relawan Aksi Sahabat Gibran Lakukan Simulasi Program Makan Siang Gratis di Semarang

SEMARANG – Sejumlah relawan yang tergabung dalam Aksi Sahabat Gibran (AksiBagi) menggelar simulasi program makan siang gratis yang diusung paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Pleburan, Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/1).

Adapun simulasi itu dilakukan oleh relawan bersama pelaku usaha jasaboga dari Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI). Makanan yang disajikan dalam aksi tersebut mengedepankan nilai gizi yang baik dan sehat, serta harga bahan olahan yang terjangkau.

“Kami ingin menunjukkan bahwa program makan siang gratis Prabowo-Gibran itu nyata dan bisa diterapkan,” kata Ketua Umum AksiBagi, Dadi Krismatono.

Dani memaparkan simulasi dimulai dengan pengolahan bahan makanan oleh ibu-ibu dan komunitas jasaboga setempat. Aksi memasak itu sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa dengan harga belasan ribu rupiah, makanan yang dihasilkan bukan hanya bergizi dan terjangkau, tapi juga lezat.

“Rp15.000-Rp18.000 per porsi, anak-anak usia sekolah bisa mendapat makan siang bergizi yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhannya,” tuturnya.

Dengan demikian, Dadi mengatakan selain memberikan gizi terbaik untuk anak, program makan siang gratis yang menjadi unggulan Prabowo-Gibran juga akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Dengan makan siang di sekolah, maka beban orang tua menyediakan makan diambil sebagian oleh negara,” tambahnya.

Selain itu, Dadi menyebut program ini juga akan memantik kolaborasi antar masyarakat untuk membangun usaha jasaboga. Dampak ekonomi lainnya yang disebut Dadi adalah permintaan pasokan beras, lauk-pauk, dan sayuran yang stabil sepanjang tahun kepada pedagang pasar lokal.

Dengan banyaknya nilai manfaat yang akan dihasilkan, Dadi dan relawan AksiBagi optimistis program makan siang gratis Prabowo-Gibran akan disambut masyarakat dari berbagai kalangan.

“Selama ini orang melihatnya hanya makan siang, padahal program ini membawa dampak ekonomi yang luas bagi kesejahteraan rakyat dan pergerakan ekonomi lokal,” pungkas Dadi.

Adapun simulasi penyajian makanan sehat, bergizi, dan terjangkau ini dimulai di 20 titik di Jawa Tengah, dan akan digulirkan oleh relawan AksiBagi di seluruh Indonesia.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *