Banner IDwebhost

Rutan Bangil Gelar Kompetisi Ragil Punya Ide, Dorong Kreativitas dan Inovasi Pegawai

PASURUAN – Kamis(4/1/2024), Rutan Kelas IIB Bangil Kanwil Kemenkumham Jatim kembali menciptakan gebrakan positif dengan menggelar Kompetisi Pemuda Punya Ide. Kegiatan ini diinisiasi untuk memberikan ruang bagi petugas Rutan dalam menggali ide kreatif dan inovatif guna meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan di dalam Rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Bangil, Bhanad Shofa Kurniawan, menyampaikan bahwa kompetisi ini menjadi wujud nyata dari upaya pihak Rutan dalam membuka peluang bagi para petugas untuk berkontribusi lebih aktif dalam pengembangan lembaga.

“Kami percaya bahwa setiap petugas memiliki potensi dan ide-ide brilian yang dapat membawa perubahan positif di Rutan ini. Kompetisi Pemuda Punya Ide menjadi platform untuk menggali kreativitas mereka,” ujar Bhanad Shofa Kurniawan.

17 Tim telah melahirkan 26 Inovasi, peserta terdiri dari petugas Rutan Kelas IIB Bangil Kanwil Kemenkumham Jatim, dengan penuh semangat menyampaikan ide-ide inovatif mereka. Ide-ide tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari peningkatan keamanan dan pengawasan, program pembinaan bagi narapidana, antara lain :
1. Pengelolaan 1 (SD, SMP, SMA)
2. KPR 1 (E-STERK, DATAPHONEBASE RAGIL)
3. Regu Pengamanan 3.1 (Scan Barcode WBP Keluar)
4. KPR 2 (TROLLING DRONE, Kamar Bebas Asap Rokok)
5. D,Klinik (JINGLE RUTAN BANGIL, LINK KOIN EMAS, DAY CARE OF YOU)
6. GASPUR (Air Siap Minum Dalam Blok)
7. Registrasi 1 (Ruang Sinergi Aparat Penegak Hukum)
8. Registrasi 2 (Melek KUHP)
9. HUMAS (Video Announcement Barang Bawaan Pengunjung 5 Bahasa)
10. BIZQUAD (SI EKO, RAGIL MPL, SI NAON)
11. Regu Pengamanan 3.2 (TROLERLING)
12. Regu Pengamanan 2.1 (Peningkatan Keamanan Brandgang)
13. Y-TEAM (Sistem Umpan Balik Pengunjung)
14. AMATIR (Aplikasi Kontrol Keliling/SI KOLLING)
15. Pengelolaan 2 (SIP)
16. Regu Pengamanan 1.1 (Produk Unggulan, Stempel UV, Pintu Hack Berputar)
17. Freedom Squad (Panic Button)

Proses kompetisi tidak hanya sebatas ajang lomba, melainkan juga menjadi ajang kolaborasi antarpetugas. Mereka secara aktif berdiskusi, memberikan masukan, dan merancang solusi-solusi yang bersifat progresif. Ini menciptakan suasana kerja yang lebih dinamis dan penuh motivasi di Rutan Kelas IIB Bangil.

Pada akhir kompetisi, beberapa ide terpilih akan mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan kerja keras para petugas. Selain itu, ide-ide terbaik juga akan dievaluasi untuk diimplementasikan di Rutan Kelas IIB Bangil Kanwil Kemenkumham Jatim.

Dengan diadakannya Kompetisi Pemuda Punya Ide, Rutan Kelas IIB Bangil berharap dapat mengubah paradigma lembaga pemasyarakatan menjadi tempat yang tidak hanya memberlakukan hukuman, tetapi juga sebagai ruang pembinaan dan rehabilitasi yang penuh inovasi. Inisiatif ini menciptakan atmosfer yang positif dan memberikan kesempatan bagi setiap petugas untuk turut serta berperan dalam menciptakan perubahan yang positif.

(red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *