Banner IDwebhost
Riau  

Sampaikan Arahan Kapolda Riau, Ini Kata Kapolres Pelalawan

PELALAWAN (HTC) – Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH SIK pimpin rapat penyampaian arahan Kapolda Riau kepada pers yang terlibat, terkait pelaksanaan dan optimalisasi Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 serta Pengamanan Pemilu 2023-2024 di Aula Teluk Meranti, Rabu (25/10/2023).

Dalam arahannya, Kapolres Pelalawan menyampaikan arahan Kapolda Riau kepada pers yang terlibat Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023. Diantaranya penguatan pondasi pengamanan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 dengan melakukan langkah inovasi dan strategi masing – masing.

“Kegiatan cooling system perlu dilakukan seperti kegiatan doa bersama, deklarasi, rapat koordinasi. Untuk mewujudkan itu perlu di persiapkan kesiapsiagaan dengan membentuk polarayonisasi, power on hand atau Kompi kerangka,” ujar Kapolres.

Selain itu, perlu dilaksanakan pengamanan dan pengawalan logistik pemilu sesuai SOP dengan melakukan pengecekan lokasi gudang atau tempat penyimpanan dengan selalu mewaspadai potensi gangguan keamanan yang bakal terjadi.

“Waspadai juga gangguan bencana alam yang dapat terjadi kapan saja seperti kehujanan dan bencana banjir, kebakaran akibat api rokok dan konsleting listrik serta hal-hal lain yang dapat merusak serta hilangnya semua logistik pemilu,” jelas AKBP Suwinto.

Selain itu, dalam penggunaan anggaran Operasi Mantap Brata harus benar, yaitu dengan menciptakan pola dan strategi dukungan anggaran.

“Petugas pam yang diberikan dukungan anggaran adalah petugas yang tersprint dalam Operasi Mantap Brata dan diberikan dukungan anggaran per hari bukan diserahkan sekaligus,” tegas Kapolres.

Di tambahkannya, semua pejabat utama, Kasatgas, Kasubsatgas, Kaposko dan semua pejabat Oprasi Mantap Brata wajib melaporkan seluruh kegiatan OMB setiap harinya. Laporan akan dikompulir oleh Posko seluruh pelaksanaan Apel, Pembagian Dukgar, dinamika kegiatan sampai dengan Apel konsolidasi.

“Selain itu manajemen pam yang baik, rapi dan benar di lokasi penyimpanan logistik pemilu. Pengamanan personil serta petugas pam harus dilengkapi dengan peralatan yang tepat serta dilengkapi dengan posko pam yang lengkap dengan buku mutasi, sprint dan daftar jaga,” kata AKBP Suwinto.

Untuk itu segala administrasi harus dilengkapi dengan tabulasi giat pam, sehingga dapat diketahui seluruh di namika mobilisasi logistik pemilu dan aktifitas orang yang ada di lokasi penyimpanan logisitik pemilu.

Turut hadir pada kegiatan rapat arahan, Wakapolres Pelalawan Kompol Dwi Yatmoko STP SIK MIK selaku Waka Ops Res, Kabag Ops Kompol Maison SH selaku Karendal Ops Res serta dihadiri oleh seluruh para Kasatgas Oprasi mantap Brata dan Pers yang terlibat Satgas Oprasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023.

(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *