Banner IDwebhost

Simulasi Head To Head versi PWS, Ganjar -Mahfud Kalah Lawan Prabowo

Jakarta, 10 November 2023 – Sebuah survei terbaru dari Political Weather Station (PWS) menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran masih mempertahankan elektabilitas tertinggi di antara tiga pasangan capres-cawapres yang resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasil riset yang dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 8 November 2023 di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel 1220 responden menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas sebesar 39,7%, unggul signifikan atas pasangan Ganjar-Mahfud MD (34,8%) dan Anies-Cak Imin (22,4%). Meskipun terdapat isu politik dinasti dan gonjang-ganjing putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia cawapres, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran tidak tergoyahkan.

Dalam simulasi head to head, pasangan Prabowo-Gibran semakin meningkatkan keunggulannya. Saat ditanya kepada responden mengenai Pilpres putaran kedua, Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan sebesar 52,1% dari responden, sementara pasangan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 41,5%, dan pasangan Anies-Cak Imin hanya mendapat 30,2%.

Salah satu temuan menarik dari survei ini adalah kian solidnya dukungan dari simpatisan Jokowi untuk pasangan Prabowo-Gibran. Meskipun sejumlah pengamat memprediksi penurunan elektabilitas Prabowo setelah menggandeng Gibran Rakabuming Raka, nyatanya, pasangan ini mendapatkan dukungan tambahan dari simpatisan Jokowi, mencapai 40,5%.

PWS juga mencatat bahwa Partai Gerindra, dengan elektabilitas 17,1%, memiliki potensi melengserkan hegemoni PDI Perjuangan jika pasangan Prabowo-Gibran berhasil menang dalam Pilpres 2024.

Peneliti Senior PWS, Sharazani VB, MA, menyatakan, survei ini mencerminkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran tetap solid di puncak elektabilitas dan mendapatkan dukungan lebih kuat dari berbagai segmen masyarakat, termasuk simpatisan Jokowi.

Survei ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika politik menjelang Pemilu 2024 dan mengindikasikan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memiliki potensi besar untuk memenangkan Pilpres jika kondisi politik tetap stabil.

Tingkat Elektabilitas Paslon jika Pilpres hari ini

Prabowo Subianto/Gibran Rakabuming Raka 39,7%

Ganjar Pranowo/Mahfud MD 34,8%

Anies Baswedan/Muhaimin Iskandar 22,4%

Undecided Voters 3,1%

Simulasi Putaran Kedua, Head to Head

Prabowo Subianto/Gibran Rakabuming Raka 52,1%

Ganjar Pranowo/Mahfud MD 41,5%

Undecided Voters 6,4%

Prabowo Subianto/Gibran Rakabuming Raka 58,5%

Anies Baswedan/Muhaimin Iskandar 30,2%

Undecided Voters 11,3%

Ganjar Pranowo/Mahfud MD 49,2%

Anies Baswedan/Muhaimin Iskandar 43,5%

Undecided Voters 7,3%

Tingkat Elektabilitas Partai Politik Jika Pemilu hari ini

PDI Perjuangan 19,8%

Partai Gerindra 17,1%

Partai Golkar 10,1%

Partai Demokrat 9,8%

Partai Nasdem 8,7%

P K B 7,2%

P K S 7,0%

Partai Perindo 4,3%

P A N 3,9%

P P P 2,8%

P S I 2,1%

Partai-partai lainnya 1,1%

Undecided Voters 4,0%

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *