Situs Keraton Kartasura Di Tetapkan Sebagai Situs Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah

Kartasura || Haloterkini.com – Situs Keraton Kartasura adalah salah satu peninggalan sejarah Mataram Islam yang dulu merupakan pusat ibu kota Mataram Islam dan cikal bakal berdirinya 2 kerajaan besar yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta.

Keberadaan situs Keraton Kartasura mempunyai sejarah panjang walaupun hanya tersisa bangunan Benteng.
Untuk menjaga kelestarian situs Keraton Kartasura ini maka pada tanggal 28 April 2022 dengan keputusan Bupati Sukoharjo Nomor 646/270 Tahun 2022 Tentang penetapan situs benteng Kartasura sebagai situs Cagar budaya Kabupaten Sukoharjo.

Menurut Atik Ardati ,S.Kom.sebagai Pamong Budaya ahli muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo.

Mengatakan bahwa setelah Situs Keraton Kartasura di tetapkan sebagai Cagar budaya Kabupaten Sukoharjo mengusulkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat Provinsi Jawa Tengah agar situs Keraton Kartasura di jadikan situs cagar budaya provinsi Jawa Tengah.
Atas pengkajian dan pendataan akhirnya usulan itu terealisasi pada tanggal 26 Maret 2024 dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 430/29 Tahun 2024 situs Keraton Kartasura di tetapkan sebagai situs cagar budaya Provinsi Jawa Tengah.

Harapanya dengan sekarang menjadi tingkat provinsi tentunya pelestarian situs keraton Kartasura lebih mendapat perhatian dan dukungan sehingga dalam pemeliharaannya dan pengembangan akan lebih baik dan terawat kedepanya,harap Atik

Menurut pemerhati Budaya dan tokoh Kartasura KRT. H.Djuyamto Rekso Pradoto.SH.MH.mengatakan.

” Sejak Situs Keraton Kartasura ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya Peringkat Provinsi dengan Keputusan Gubernur Jawa Tengah nomor 430/29 TAHUN 2024, maka selain patut diapresiasi sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah Daerah Tk.1 Jawa Tengah.
namun juga diingatkan akan konsekwensi penetapan tersebut dengan kebijakan anggaran yang nyata untuk perawatan dan sebagainya. Sebab tanpa diikuti dengan kebijakan anggaran, maka penetapan tersebut hanya berbunyi di atas kertas”

Apresiasi juga di sampaikan dari tokoh seniman dan budaya Kartasura Marsudi Widodo semoga dengan di tetapkan sebagai situs cagar budaya provinsi Jawa Tengah keberadaan Keraton Kartasura bisa lebih bermanfaat untuk kegiatan seni dan budaya dan bisa sebagai destinasi wisata religi dan budaya.

Jurukunci Hastana Petilasan Kraton Kartasura , MNg. Suryo Hastono Hadiprojo sangat menyambut baik dan bangga sebab situs kraton Kartasura sudah diakui sebagai situs cagar budaya peringkat provinsi Jawa tengah kami mengharapkan banyak acara dan kegiatan yang menyangkut budaya di situs tersebut dalam rangka melestarikan dan nguri-uri budaya khususnya budaya Jawa.

Maka dari itu butuh kerjasama dengan berbagai pihak agar dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan sebaik- baiknya dan juga kami mengharapkan peran serta dari generasi muda sebagai penerus nantinya agar budaya kita tidak hilang ditengah modernisasi dan masuknya budaya asing ke Indonesia khususnya Jawa Tengah.

(Nug/red.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *