Banner IDwebhost

Survei SPIN: Simulasi 3 Capres Prabowo Peringkat Pertama Capai Elektabilitas 39,9% Jauh Unggul atas Ganjar dan Anies

JAKARTA (HTC) — Survey dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survey teranyarnya berkaitan dengan Elektabilitas 3 kandidat Calon Presiden terkemuka saat ini diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hasilnya, Prabowo masih menduduki peringkat satu teratas ketimbang Ganjar dan Anies apabila pemilihan Presiden dilakukan pada hari ini.

“Pak Prabowo tetap menduduki peringkat pertama dengan 39,9%, disusul Ganjar Pranowo 31,1% lalu Anies Baswedan 21,7%. Dan yang belum punya pilihan 7,3% atau undecided voters.” papar Direktur SPIN, Igor Dirgantara

Berdasarkan hasil analisa SPIN terdapat 4 faktor yang menyebabkan Elektabilitas Prabowo terus merangkak naik.

“Pertama, adanya Jokowi Effect dan SBY effect terhadap Prabowo sebagai Capres 2024. Kedua, blunder yang dilakukan oleh Ganjar. Ketiga, blunder PDIP yang melakukan kritikan terhadap proyek food estate Menhan dan terakhir blundernya Ketum Partai Hanura yang menyatakan bahwa Presiden harus punya istri.” jelas Igor

Survei SPIN dilakukan pada 29 September – 7 Oktober 2023 terhadap 1230 responden yang tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Seluruh Indonesia.

Adapun, Metode Pengambilan Data menggunakan Multistage Random Sampling dengan Margin of Error kurang lebih 2,8% dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *