Tanggulangi Karhutla di Riau, Enam Helikopter Siap Siaga 

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau hari ini kembali menerima satu unit Helikopter Jenis MI-8. Kemarin, Rabu (3/7/24) heli jenis yang sama buatan Rusia ini juga sudah diterima.

Serah terima heli dilaksanakan di Pangkalan Udaran Roesmin Nurjadin (Lanud Rsn). Penyerahan heli dihadiri masing-masing perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Lanud Rsn serta operator dan crew heli.

Heli Mi-8 ini diperuntukan untuk kegiatan Water Bombing (WB) dalam hal upaya penanggulangan Karhutla. Muatan bucket (wadah air) yang dibawa bisa memuat 5 ribu liter.

“Ya kemarin kita sudah terima. Hari ini kita kembali lagi menerima heli yang sama jenis MI-8. Jadi untuk heli M-8 sudah ada dua unit di Riau,” kata Kepala BPBD Riau melalui Kabid Kedaruratan, Jim Ghafur, Kamis (4/7/24).

Selain MI-8 beberapa heli jenis lainnya yang sudah didatangkan oleh BNPB ke Riau. Yakni heli jenis Sikorsky dua unit.

Kemudian, heli jenis Kamov satu unit. Semua heli jenis ini diperuntukan untuk misi WB di Riau. Masing-masing juga berkapasitas bucket 5 ribu liter.

Lalu, masih ada lagi heli jenis AS 350 B3A yang lebih awal didatangkan ke Riau. Heli buatan Airbus buatan Amerika ini difungsikan untuk misi patroli. Tapi juga bisa difungsikan misi WB meski dalam kapasitas bucket terbatas yakni 800 liter air.

Dengan demikian jumlah total heli yang difungsikan untuk penangulangan dan patroli Karhutla di Riau sudah mencapai  enam unit heli.

(red/mcr/mtr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *