Banner IDwebhost

Usai Daftar ke KPU Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik 10%, Ganjar-Mahfud Turun

JAKARTA (HTC) — Usai pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden ke KPU berdasarkan hasil Survei PatraData terungkap bahwa paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tunggul dengan elektabilitas mencapai 43,9% di atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Hasil Survei Nasional PatraData menunjukan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan angka 43,9% dibandingan pasangan Ganjar-Mahfud sebesar 26,9%, serta pasangan Anies- Muhaimin 18,1%. Terdapat 11,1% responden yang memilih tidak tahu/ tidak jawab,” tulis rilis survei PatraData, Kamis (2/11).

Survei ini dilaksanakan setelah pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU ternyata berdampak cukup signifikan terhadap peta elektabilitas masing-masing pasangan, terutama tren kenaikan pada paslon Prabowo-Gibran.

“Pasangan Prabowo-Gibran terlihat mengalami kenaikan elektabilitas dari 33,9% di awal Oktober (sebelum pendaftaran ke KPU) naik menjadi 43,9% diakhir oktober atau setelah mendaftar ke KPU. Artinya, terdapat kenaikan sebesar 10% angka keterpilihan pasangan Prabowo-Gibran,” tulis rilis Survei PatraData.

Sementara, pasangan Ganjar-Mahfud yang pada awal oktober 30,1% justru turun menjadi 26,9% diakhir oktober atau setelah pendaftaran ke KPU dilakukan.

Kemudian, pasangan Anies-Muhaimin, meski tidak terlalu signifikan namun mengalami kenaikan sebesar 0,5% dari awal Oktober 17,6% menjadi 18,1% di akhir Oktober.

Survei PatraData ini dilakukan menggunakan kontak telepon kepada 1.220 responden selama rentang waktu pelaksanaan survei yakni 25-30 Oktober 2023.

Adapun, Margin of Error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Quality kontrol dilakukan dengan menelpon ulang responden/call back sebanyak 20% dari total sampel.

(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *