Banner IDwebhost

Wujudkan Bulan Angkutan Berkeselamatan, Satlantas Polres Pelalawan Gencar Edukasi Masyarakat

PELALAWAN – Satuan Lalu Lintas Polres Pelalawan gencar edukasi masyarakat dalam rangka Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan.

Edukasi dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi tertib lalu lintas, memasang stiker dan membagikan brosur kepada masyarakat, Sabtu (25/5/2024).

Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Akira Ceria SIK MM menjelaskan, tak hanya menggelar sosialisasi dengan membagikan brosur, stiker hingga rekayasa lalu lintas didaerah rawan macet dan rawan kecelakaan lalu lintas (black spot), Satlantas Polres Pelalawan juga gencar melaksanakan pemasangan stiker scotlight yakni stiker yang bersifat reflektor atau memantulkan cahaya guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Tujuan utama dilaksanakannya program Bung Selamat yang berlangsung mulai 20 Mei 2024 sampai dengan 19 Juni 2024 mendatang adalah untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban yang melibatkan angkutan umum, baik kendaraan angkutan barang maupun kendaraan angkutan orang,” jelas Kasat Lantas.

Adapun sasaran utama dari program ‘Bung Selamat’ yakni mewujudkan perilaku pengemudi angkutan umum yang berkeselamatan, mewujudkan kendaraan angkutan umum yang berkeselamatan dan melakukan rekayasa lalu lintas disejumlah daerah rawan laka lantas.

“Dalam pelaksanaannya, kami akan bersinergi dengan semua stakeholder terkait guna menekan angka kecelakaan di Kabupaten Pelalawan yang melibatkan kendaraan angkutan umum baik barang maupun angkutan orang,” kata AKP Akira.

Kasat Lantas menjelaskan, pelaksanaan kegiatan dalam rangka mensukseskan program ‘Bung Selamat’ diharapkan mampu meminimalkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas hingga timbulnya korban jiwa dan merubah perilaku pengemudi angkutan umum. Langkah ini merupakan salah satu wujud program utama Ditlantas Polda Riau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat demi terciptanya Kamseltibcar lantas yang berkesinambungan diseluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

“Kegiatan serupa akan terus menerus berlanjut dengan berbagai inovasi lainnya seperti pembinaan dan edukasi para pengemudi angkutan umum, penindakan hukum kendaraan angkutan umum, cek kendaraan tentang laik jalan, penindakan over dimension over load (odol), pengecekan kesehatan para pengemudi angkutan umum hingga pemberian himbauan melalui radio serta sosialisasi melalui medsos resmi Satuan Lalu Lintas Polres Pelalawan akan terus kita tingkatkan,” tutup Kasat Lantas Polres Pelalawan.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *